Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 4 (2024): JUNI 2024

KEMENARIKAN PEMILIHAN KATA PADA IKLAN APLIKASI TIKTOK SHOP (ANALISIS WACANA PERSUASI)

Khoirala, Annisa Cici (Unknown)
Amadiah, Della (Unknown)
Purba, Diera Elika (Unknown)
Maharani, Rika (Unknown)
Lubis, Malan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Iklan adalah alat pemasaran yang sering digunakan untuk menjual produk. Iklan berfungsi untuk memberikan informasi, baik jasa, penawaran, atau ide, menarik. Menggunakan startegi Persuasif, iklan dapat menarik calon konsumen. Sumber data penelitian ini meliputi kutipan pidato promosi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pidato iklan online pada aplikasi Tiktok Shop. Data disajikan dalam bentuk kalimat dengan pilihan kata yang cenderung menarik perhatian pembeli. Tahapan pengumpulan data menggunakan metode observasi atau menyimak, khususnya menyimak penggunaan bahasa yang baik dalam pidato iklan. Peneliti memilih data berdasarkan kebutuhan penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis pola interaksi. Analisis interaksi pada hakikatnya terdiri dari tiga unsur, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua cara yang dapat dilakukan pengiklan untuk membujuk calon konsumen, yaitu persuasi implisit dan persuasi eksplisit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...