Iklan adalah alat pemasaran yang sering digunakan untuk menjual produk. Iklan berfungsi untuk memberikan informasi, baik jasa, penawaran, atau ide, menarik. Menggunakan startegi Persuasif, iklan dapat menarik calon konsumen. Sumber data penelitian ini meliputi kutipan pidato promosi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pidato iklan online pada aplikasi Tiktok Shop. Data disajikan dalam bentuk kalimat dengan pilihan kata yang cenderung menarik perhatian pembeli. Tahapan pengumpulan data menggunakan metode observasi atau menyimak, khususnya menyimak penggunaan bahasa yang baik dalam pidato iklan. Peneliti memilih data berdasarkan kebutuhan penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis pola interaksi. Analisis interaksi pada hakikatnya terdiri dari tiga unsur, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua cara yang dapat dilakukan pengiklan untuk membujuk calon konsumen, yaitu persuasi implisit dan persuasi eksplisit.
Copyrights © 2024