Kegiatan Bermain Berperan dengan Kemampuan Komunikasi Lisan Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain peran dengan kemampuan komunikasi lisan Kelompok B TK SILOAM. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non parametris. Tipe penelitian ini adalah korelasional atau penelitian yang melihat hubungan antara dua variabel. Penelitian ini menggunakan uji korelasi spereman rank. Penelitian ini merupakan purpose sampling dengan jumlah sample sebanyak ±10 anak. Teknik pengambilan data menggunakan ceklis. Hasil penelitian dari 10 anak Kelompok B menunjukan adanya hubungan yang bernilai positif antara bermain peran dengan kemampuan komunikasi lisan. Hubungan antara bermain peran dengan kemampuan mengenal lambang bilangan sebesar 0,95 menunjukan sangat kuatnya hubungan antara variabel bermain peran (X) dan variabel kemampuan komunikasi lisan(Y). Kegiatan bermain peranmeningkat kemampuan anak dalam komunikasi lisan.
Copyrights © 2024