Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Pengembangan kreativitas guru dalam penerapan seni kepada anak usia dini di TK Madinah Syafitri Medan. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru dalam penerapan seni dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan kreativitas guru sehingga mampu menerapkan seni secara optimal dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metote pengumpulan data kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data, Yaitu mencatat bagaimana penerapan seni dan kendala apa yang ada di Tk Madina Safitri mengenai penerapan seni. Subjek penelitian ini yaitu salah satu guru yang mengajar di Tk Madinah Safitri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan workshop seni yang terstruktur, memperbanyak literasi tentang perkembangan seni untuk anak dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan seni ke dalam kreativitasnya. Dengan dukungan referensi terbaru, artikel ini menyarankan agar institusi pendidikan memperkuat program pengembangan profesional bagi guru guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih kreatif dan inovatif bagi anak usia dini
Copyrights © 2024