Penelitian Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prokratinasi Akademik Siswa dilatarbelakangi tingginya prokrastinasi akademik pada siswa sehingga regulasi diri siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik siswa SMK N 5 Semarang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 465 siswa. Hasil uji hipotesisi dengan menggunakan korelasi Product moment diketahui nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,001 < 0,05 berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa. Diketahui bahwa nilai koefesien korelasi (r) adalah -0,249. Pada pedoman nilai interpretasi korelasi berada pada rentang 0,200 - 0,399, kemudian besarnya sumbangan variabel prokratinasi diri dan regulasi diri yang diperoleh sebesar 6,2%. Kesimpulannya bahwa tingkat hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa termasuk pada kategori rendah.
Copyrights © 2024