Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Regulasi Diri Siswa Kelas X SMK N 5 Semarang dengan Tingkat Prokrastinasi Akademik

Muhammad Ardan Nena Pratama (Universitas PGRI Semarang)
S.R. Retnaningdyastuti (Universitas PGRI Semarang)
Chr. Argo Widiharto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Penelitian Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prokratinasi Akademik Siswa dilatarbelakangi tingginya prokrastinasi akademik pada siswa sehingga regulasi diri siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik siswa SMK N 5 Semarang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 465 siswa. Hasil uji hipotesisi dengan menggunakan korelasi Product moment diketahui nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,001 < 0,05 berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa. Diketahui bahwa nilai koefesien korelasi (r) adalah -0,249. Pada pedoman nilai interpretasi korelasi berada pada rentang 0,200 - 0,399, kemudian besarnya sumbangan variabel prokratinasi diri dan regulasi diri yang diperoleh sebesar 6,2%. Kesimpulannya bahwa tingkat hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa termasuk pada kategori rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...