Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran kebutuhan bahan ajar Taman Kanak-kanak (TK) IT Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2) Mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektivitas pengembangan bahan ajar TK IT Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Jenis penelitian ini menggunakan research and development. Research and development dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan bahan ajar taman kanak-kanak berbasis nilai religius untuk meningkatkan aspek moral siswa/i di TK Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka dinyatakan “Valid” dalam kategori 3,53 berdasarkan penilaian observer. 2) Kepraktisan pengembangan bahan ajar TK berbasis nilai religius untuk meningkatkan aspek moral siswa/i di TK Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka dinyatakan “terlaksana seluruhnya” dalam kategori 1,74 berdasarkan hasil penilaian observer. 3) Kefektifan pengembangan bahan ajar taman kanak-kanak berbasis nilai religius untuk meningkatkan aspek moral siswa/i di TK Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka dinyatakan efektif berdasarkan hasil respon siswa dan tes hasil belajar.
Copyrights © 2024