Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Generasi Abad 21 dan Implikasinya Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MAN Kaur

Fauzi, Isman (Unknown)
Suhirman, Suhirman (Unknown)
Suradi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai-nilai agama Islam pada siswa MAN Kaur dan mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya dalam proses membentuk karakter religius siswa pada abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif dalam bentuk penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penulis melakukan keabsahan dengan cara membandingkan data observasi dan wawancara, membandingkan data hasil wawancara dengan isi dokumen laluanalisis data melalui pengumpulan data, pengurangan data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MAN Kaur adalah Mukhadarah dan sholat dzuhur berjamaah, namun mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an dan menutup aurat (khususnya jilbab bagi perempuan) juga menjadi perhatian. Internalisasi yang dilaksanakan di MAN Kaur dengan cara pengenalan, penghayatan, penanaman, pembiasaan, dan pengamalan lalu dievaluasi pada buku tata tertib siswa. Pihak sekolah, mulai dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan dewan guru bekerja sama menanamkan nilai-nilai religious pada siswa dengan berbagai cara dan sarana yang mendukung. Adapun faktor pendukung dan penghambat yakni faktor internal yang terdapat dalam diri peserta didik itu sendiri yang memunculkan motivasi dalam memperbaiki diri atau sebaliknya, factor eksternal yang menyangkut dorongan dari keluarga, teman atau kebiasaan sehari-hari semangat para pendidik dan tenaga pendidik sangat bertanggungjawab pada amanah yang di berikan serta pengaruh gadget apalagi abad-21 dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat akan membawa siswa pada arus yang lebih baik atau sebaliknya, sedangkan kendala yang dihadapi dalam proses internalisasi di sekolah yakni sedikitnya jumlah guru laki-laki dan sarana prasarana yang belum memadai, misalnya ukuran mushola yang masih kecil sehingga waktu sholat secara bergantian, dan lain-lain

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...