Tulisan ini menjelaskan pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam membentuk sikap dan karakter peserta didik, khususnya dalam konteks pluralitas agama yang ada di masyarakat. Sikap toleransi antar umat beragama menjadi esensi penting dalam memelihara harmoni dan perdamaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implikasi pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap toleransi antar umat beragama, dengan studi kasus di SMA Negeri 1 Sialang Buah. Melalui landasan teoritis yang mencakup pendidikan agama Islam dan konsep toleransi, serta analisis situasi praktis di SMA Negeri 1 Sialang Buah, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendidikan agama Islam berkontribusi dalam membentuk sikap toleransi di kalangan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemahaman lebih lanjut tentang peran pendidikan agama Islam dalam membangun harmoni antar umat beragama di lingkungan pendidika.
Copyrights © 2024