Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak

Hariani, Hariani (Unknown)
Kamil, Kamil (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Tarbiyah. Tujuan penelitian ini, ntuk mengetahui dan menjelaskan implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI dan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif: mendeskripsikan fenomena kondisi di lapangan, budaya informal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi, display dan verifikasi. Hasil dan kesimpulan penelitian guru dalam memulai pembelajaran membuka pelajaran, memulai tepat waktu lanjut sesi tanya jawab, ditutup dengan penilaian guru menggunakan formatif dan sumatif. Faktor pendukung: motivasi siswa yang baik, dukungan pihak sekolah, tenaga pengajar yang memiliki pengetahuan linier dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kebijakan yang sering diubah oleh pemerintah dan kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga dalam proses pembelajaran guru harus menerapkan berbagai strategi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...