Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Pengalaman Pelanggan Dan Kualitas Konten Terhadap Kualitas Hubungan Pada Aplikasi Social Commerce

Fransisca, Brenda (Unknown)
Edastama, Primasatria (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Pengalaman Pelanggan, dan Kualitas Konten dapat mempengaruhi Kualitas Hubungan. Kualitas Hubungan mempengaruhi Niat Beli, Niat Loyalitas dan Niat Partisipasi pada Aplikasi Social commerce. Pendekatan riset dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus dari, sehingga terdapat 210 responden dalam penelitian ini. Populasi dari sampel ini adalah sudah pernah melakukan belanja pada TikTok Shop/Whatsapp Bussiness Bussiness/Facebook Marketplace minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir, dan berusia 18-35 tahun dan berada di wilayah Jakarta. Kuesioner yang terkumpul adalah sebesar 278 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan SmartPLS 3.0. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Pengalaman Pelanggan, dan Kualitas Konten berpengaruh secara positif terhadap Kualitas Hubungan. Kemudian, Kualitas Hubungan berpengaruh secara positif terhadap Niat Beli, Niat Loyalitas dan Niat Partisipasi. Implikasi Manajerial dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas hubungan yang baik dengan pelanggan di dalam social commerce agar dapat menciptakan niat membeli, loyalitas dan partisipasi untuk membagikan dan merekomendasikan produk/brand di social commerce.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...