Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SDN Sawah Besar 01

Himmatul Ulya (Universitas PGRI Semarang)
Fine Reffiane (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IA SDN Sawah Besar 01. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IA SDN Sawah Besar 01 yang berjumlah 29 siswa. Instrument yang digunakan yaitu pretest dan postest. Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi waktu sebelum diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran PBL mempunyai rata-rata nilai 67,8. Dan setelah diberikan perlakukan dengan model pembelajaran PBL rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 81,6. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL memiliki pengaruh yang efektif yaitu dengan mempunyai nilai signifikan yaitu < 0,005. Kriteria N-Gain juga mendapat nilai < 0,7 menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sangat efektif. Oleh karena itu, terdapat pengaruh dan perbedaan efektif terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...