Isu-isu kekerasan terhadap perempuan dan kelompok rentan, serta penerapan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan, terus menjadi masalah bagi bisnis dan organisasi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki sentimen yang diekspresikan oleh netizen atau individu di Indonesia terkait dengan Bias Gender di negara ini, dengan menggunakan lima film yang paling sering dilihat di platform YouTube. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan analisis sentimen terhadap komentar-komentar yang terkait dengan video-video tersebut, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Komentar-komentar tersebut dianalisis menggunakan Google API, Pandas for Python, dan Natural Language Tool Kit (NLTK). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi balasan dapat dikategorikan sebagai berikut: 53,25% dari tanggapan diklasifikasikan sebagai netral, 31,76% diklasifikasikan sebagai positif, dan 14,99% diklasifikasikan sebagai negatif. Salah satu pendekatan yang memungkinkan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis sentimen dengan menyertakan dan membandingkan beberapa teknik pembelajaran mesin. Kata Kunci: Bias Gender; Analisis Sentimen; Pekerja Wanita; Gender Inequality Index
Copyrights © 2024