Pemanfaatan AI ke dalam proses administrasi kantor merupakan terobosan teknologi besar yang menjanjikan untuk mengubah cara kerja, meningkatkan kecepatan penyampaian layanan, dan mendefinisikan ulang peran yang dimainkan oleh keterampilan manusia di tempat kerja saat ini. Penelitian bertujuan untuk melakukan studi literature yang ekstensif terhadap artikel yang ada yang berkaitan dengan penggunaan artificial intelligence pada prosedur di lingkungan administrasi kantor. Metode review pada penelitian ini menggunakan pendekatan sistematis, dengan mengimplementasi metode PRISMA. Sintesa dan analiska dilakukan terhadap total 155 publikasi yang bersumber dari database Scopus pada tahun 2019-2024. Setelah proses sintesis, maka 18 artikel publikasi terpilih untuk ditinjau. Hasil yang didapatkan adalah implementasi artificial intelligence dilingkungan administrasi perkantoran adalah dapat mengotomasi rutinitas, mendukung keputusan dalam hal administrasi dan proses otomatis dokumen kantor dengan tulisan tangan. Kata Kunci: Otomasi; Artificial Intelligence; Prosedur Administrasi Perkantoran
Copyrights © 2024