Dalam proses pendidikan, peran guru adalah kunci utama dalam menjamin kualitas pembelajaran yang diimplementasikan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk cermat dalam memilih media pembelajaran yang efektif, seperti media gambar, yang memungkinkan siswa untuk langsung mengobservasi materi yang diajarkan. Studi yang dilakukan di SD Negeri 4 Jarai menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat efektif. Sebelumnya, hanya 7 dari 17 siswa (sekitar 40%) yang aktif terlibat, namun setelah memperbaiki metode pembelajaran pada siklus pertama, partisipasi meningkat menjadi 11 siswa (60%). Persentase siswa yang menguasai materi di atas batas kelulusan minimum (70) juga naik dari 40% menjadi 60% setelah perbaikan di siklus pertama. Pada siklus kedua, keterlibatan aktif siswa meningkat lagi menjadi 14 siswa (90%). Berdasarkan hasil dari penelitian tindakan kelas ini, terbukti bahwa penggunaan media gambar dapat signifikan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa di SD Negeri 4 Jarai, Kabupaten Lahat.
Copyrights © 2024