Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Self Efficacy Belajar Siswa yang Rendah di SMP Negeri 13 Medan T.A 2023/2024

Damanik, Jhon Erikson (Unknown)
Asiah, Asiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap self efficacy belajar siswa yang rendah di SMP Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 orang kelas 9. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan wilcoxon signed rank mendapatkan hasil bahwa tidak adanya Negative Rank baik pada N, mean rank dan sum of rank, tetapi pada Positif Ranks terdapat adanya peningnkatan dimana pada nilai N adanya selisih positif sebesar 8 dan pada mean rank adanya selisih positif sebesar 4,50 dan pada sum of rank adanya selisih sebesar 36,00. Pada uji hipotesis nilai akan di terima apabila nilai Asymp.sig.(2- tailed) < 0,05 maka hipotesis di terima, terlihat pada nilai Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0,01 maka 0,01< dari 0,05 . Dapat dilihat juga dari rata–rata data pre–test berjumlah 61 sedangkan rata-rata dari data post-test yang berjumlah 105.5. Sehingga dapat diketahui bahwa subjek mengalami peningkatan sebesar 73% dan dapat diartikan bahwa bimbingan kelompok terhadap Self Efficacy belajar siswa yang rendah sangat efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...