Nilai perusahaan merupakan salah satu indicator penting dalam menilai kinerja suatu perusahaan, besar kecilnya nilai perusahaan, besar kecilnya nilai perusahaan dapat mempengaruhi investor dalam melakukan investasinya. Nilai perusahaan juga mencerminkan kemakmuran bagi pemegang saham, karena semakin tinggi nilai perusahaan akan berdampak pada semakin meningkatnya kesejahteraan pemegang sahamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, pertumbuhan penjualan, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sector energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menerbitkan laporan keuangan periode 2018 – 2022. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposice sampling dengan kriteria tertentu dan diperoleh sampel sebanyak 46 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal yang diukur dengan debt to equity ratio berpengaruh negative dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variable pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas yang diukur dengan current ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan yang diukur denfan firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan
Copyrights © 2024