Jurnal al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan penelitian ke-Islaman
Vol 11 No 2 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman

PENGARUH APLIKASI ZOOM MEET PADA MATA PELAJARAN PAI BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARAWANG BARAT

Meida, Evi (Unknown)
Sitika, Achmad Junaedi (Unknown)
Syarief, Ceceng (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Penelitian tentang e-learnning masih sangat menarik untuk diteliti dengan berbagai fenomena yang mengitarinya terutama berkaitan dengan PAI yang diterapkan di SMP Negeri 1 Karawang Barat pada saat pandemic covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan peneliti untuk memberikan gambaran tentang pengaruh penggunaan aplikasi zoom meet yang digunakan pada mapel PAI. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dalam bentuk pretest-posttest, control group design, dengan jumlah 79 sampel. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik. hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa untuk pre test kelas eksperimen sebesar 51,1, dengan standar deviasi 29,49. Rata-rata hasil belajar siswa pree tes untuk kelas kontrol sebesar 49,91 dengan standar deviasi 25,88. Untuk post tes rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar 73,5 dengan standar deviasi 10,89 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,91 dengan standar deviasi 6,4. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI antara kelompok yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan E-learning pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Karawang Barat. Hasil penelitian ini dapat berimplikasi kepada: 1) Pengembangan kurikulum, 2) Pengoptimalan penggunaan teknologi, 3) Peningkatan semangat Pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alulum

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

The journal AL-ULUM (Islamic thought and Educational Journal) published an article on the theme of education, using the language of Indonesia or the United Kingdom that includes the study of literature, conceptual thinking and research results in the field of education. These journals give priority ...