Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 5 No. 1 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN KARTU SOAL KELAS V SD NEGERI 1 TINATAR

Fitriani, Yeni Ira (Unknown)
Mursidik , Elly`s Mersina (Unknown)
Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dengan media kartu soal kelas V SD Negeri 1 Tinatar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan sumber datanya ialah siswa kelas V SD Negeri 1 Tinatar. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan juga tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT teams games tournament berbantuan kartu soal mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tinatar pada pembelajaran matematika khususnya materi penyajian data. Sebelumnya data nilai rata-rata siswa pada pratindakan sebesar 66,5 dengan presentase 47% siswa mencapai KKM, setelah diterapkan model kooperatif tipe TGT rata-rata nilai siswa pada saat siklus I meningkat menjadi 74,1 dengan persentase 73%. Namun, persentase tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan, oleh karena itu, dilanjutkan tindakan pada siklus II. Pada siklus II hasil rata-rata nilai siswa 87,4 dan persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM sebesar 93%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam kedua siklus tersebut lebih baik dan meningkat. Kata kunci : Hasil Belajar; Model Kooperatif Tipe TGT; Kartu Soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...