Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menilai kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tana Toraja dengan pendekatan Balanced Scorecard. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa dokumen yaitu laporan keuangan, data pelanggan, data karyawan dan data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan yaitu ROI, ROE, NPM diperoleh hasil yang kurang baik dibandingkan DAR dan Current Ratio yang cukup baik. Perspektif pelanggan yaitu Retensi pelanggan dan Akuisisi pelanggan menunjukkan kinerja cukup baik, bila dibandingkan dengan kepuasan pelanggan yang masih kurang baik. perspektif proses internal bisnis menunjukkan hasil kinerja cukup baik. Pembelajaran dan Pertumbuhan menunjukkan yaitu Kepuasan karyawan, Retensi Karyawan menunjukkan hasil kinerja yang cukup baik, namun produktivitas karyawan masih kurang baik.
Copyrights © 2024