Komunikasi adalah proses pertukaran informasi yang penting bagi sebuah kelompok kecil untuk mencapai tujuan serta sebagai alat transformasi nilai-nilai Islami di tengah perubahan sosial. Komunikasi interpersonal, khususnya yang dialogis, memegang peran krusial dalam hubungan antarmanusia karena efektivitasnya dalam menyampaikan nasehat agama kepada siswa serta memberikan arahan terkait perilaku. Melalui komunikasi ini, guru dapat membina karakter Islami siswa, membantu mereka dalam kedisiplinan beribadah, dan berperilaku baik. Ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan karakter Islami siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam membina karakter Islami siswa di Lingkungan SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. (2) Untuk mengetahui kendala komunikasi interpersonal guru dalam membina karakter Islami siswa di Lingkungan SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi menggunakan analisis deskriptif yang respondennya merupakan guru dan siswa SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Hasil penelitian di SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan didapati bahwa komunikasi interpersonal untuk membina karakter Islami melibatkan beberapa strategi, seperti peran guru sebagai motivator, sahabat, dan pembimbing dengan proses penyampaian Qoul Hikmah, Mau’izah Hasanah, dan Jidal. Dari situ, dapat disimpulkan bahwa pembinaan karakter Islami di sekolah tersebut menggunakan strategi komunikasi interpersonal yang sesuai dengan ajaran Islam. Meskipun berhasil membina sebagian siswa dengan perubahan sikap dan penerapan nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, ada yang belum berhasil karena faktor latar belakang keluarga yang kurang harmonis, lingkungan yang tidak mendukung, dan kebiasaan buruk yang masih melekat.
Copyrights © 2023