DECODING: Jurnal Mahasiswa KPI
Vol. 4 No. 2 (2024): JANUARI-JUNI

MODEL PEMANFAATAN TIKTOK PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Amini, Bidrotul Ragil (Unknown)
Songidan, Junaidi (Unknown)
Hariyanto, Hariyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Pekembangan pesat zaman, khusunya dibidang tekonologi, telah mengubah kebiasaan manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Muculnya media baru atau new media telah mempermudah interaksi manusia dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu produk new media adalah media sosial, yang memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk mengeksplorasi minat mereka secara online. Salah satu media sosial yang banyak diminati dikalangan remaja saat ini yaitu TikTiok. Banyak motivasi para pengguna TikTok dalam memanfaatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi model pemanfaatan TikTok oleh mahasiswa Program Studi Komunkasi dan Penyiaran Islam (KPI), angkatan 2020, Universitas Muhammadiyah Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa KPI angkatan 2020 yang aktif menggunakan TikTok. Hasil penelitian ini menujukkan TikTok memberikan manfaat bagi mahasiswa KPI angaktan 2020 Universitas Muhammadiyah Metro, yaitu, (1) pemenuhan kebutuhan informasi, (2) pemenuhan kebutuhan identitas, (3) pemenuhan kebutuhan hiburan, (4) pemenuhan kebutuhan interaksi sosial, dan (5) pemenuhan kebutuhan penghindaran dan relaksasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

decoding

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

DECODING: Jurnal Mahasiswa KPI adalah jurnal yang fokus untuk memfasilitasi diskusi ilmiah dan menerbitkan artikel akademis hasil penelitian dan kajian literatur dari mahasiswa di seluruh dunia dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam. Ruang lingkup dalam jurnal ini adalah: 1. Kajian komunikasi ...