Sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya, diperlukan peningkatan produksi pertanian untuk mencukupi kebutuhan sumber tenaga yang paling praktis dipergunakan oleh traktor roda dua di lapang adalah yang berasal dari enjin bakar internal. Enjin bakar internal yang umum dikenal adalah enjin diesel dan enjin bensin. Kedua jenis enjin ini, memiliki keunggulan dan kelemahan. Kelemahan yang menonjol dari enjin diesel adalah besarnya getaran dan tingginya tingkat kebisingan yang ditimbulkannya. Sedangkan keunggulannya dari enjin diesel, apabila diterapkan pada traktor roda dua adalah memudahkan dalam perawatan. Dengan pemasangan karet peredam (mounting) jenis karet alam shore A 78 (Ma78), getaran yang ditimbulkan oleh enjin pada traktor roda dua dapat tereduksi (turun) percepatan (akselerasi) getaran sesuai dengan ketebalan karet alam yang dipasang pada traktor roda dua. Pada kenyataannya ketebalan karetdengan ketebalan H25 mm lebih mampu meredam getaran.Kata kunci : mounting, getaran, shore, akselerasi.
Copyrights © 2009