Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 8 No 1 (2016): Volume 8 Nomor 1 Juni 2016

KEDUDUKAN EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Hasmiati, Hasmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2020

Abstract

Sistem evaluasi yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah sifat universal. Yaitu dengan menggunakan teknik testing mental (mental test atau psikotest dalam sunnah Nabi system evaluasi bersifat makro adalah untuk mengetahui kemajuan belajar manusia termasuk nabi sendiri. Sebagiaman dalam kisah kedatangan Jibril AS untk menguji Nabi Muhammad saw. Dengan pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut pengetahuan beliau tentang rukun Islam.Setiap jawaban Nabi atas pertanyaan yang diajukan selalu dibenarkan oleh malaikat Jibril AS. Peristiwa lain yaitu ketiak nabi diuji hafalan-ahafalan pada ayat-ayat al-qur’an yang tetap konsisten dan valid dalam ingatan beliau. Akan tetapi system evaluasi yang diterapkan pada dunia pendidikan menggunakan pendekatan berupa teknik penilaian yang diterapkan dalam sekolah-sekolah adalah yang bersifat kuantitatif.Penilaian kuantitatif dinyatakan dengan menggunakan angka-angka sedangkan yang kaulitatif dinyatakan dengan ungkapan-ungkapan.Aspek tingkah laku siswa dalam bidang kognitif dinilai secara kuantitaif.Aspek sikap/ afektif diniali secara kualitatif dan aspek keterampilan / psikomotorik dinilai secara kuantitatif dan kualitatif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...