Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 9 No 1 (2017): Volume 9 Nomor 1 Juni 2017

SIGNIFIKANSI SOSIO-EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA

Madalle Madalle (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan sosio-emosional kepala sekolah terhadap efektivitas kinerjanya di Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah survey explanatory yang bertujuan menguji hipotesis dengan menggunakan metode sampling. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik sampling acak bertingkat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik angket. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yaitu metode kuantitatif yang dominan didukung dengan metode kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis jalur yang diolah dengan menggunakan software SPSS, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui dokumen dan angket, lalu direduksi, dan disajikan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosio-emosional memfokuskan pada tiga dimensi yaitu (1) Keterampilan emosi yang meliputi: kesadaran emosi diri, kesadaran emosi terhadap orang lain, peristiwa dalam hidup.; (2) Kecakapan emosi yang meliputi: lntensionalitas, kreatifitas, ketangguhan, hubungan antarpribadi, dan kepuasan konstruktif; dan (3) Nilai-nilai emosi dan keyakinan, yang meliputi: belas kasihan, sudut pandang, Intuisi, radius kepercayaan, daya pribadi, serta integritas. Baik sendiri-sendiri maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kinerja pada kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...