Jurnal Mirai Management
Vol 9, No 1 (2024)

Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar

Andini, Pratiwi Dwi (Unknown)
Rahma Ashari Hamzah, Abdul Wahid, (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskpritif dengan memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar yang berjumlah 25 orang. Penarikan Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan Teknik Purposive Sampling, jadi sampel dalam penelitian yaitu peserta didik kelas II UPT SPF SD Negeri Rajawali berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dari 25 peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar ada 5 orang peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Dari hasil wawancara bersama guru wali kelas II dapat diketahui yang menjadi penyebab kesulitan membaca permulaan pada peserta didik yaitu peserta didik jarang hadir ke sekolah dan kurangnya komunikasi antara orang tua dan guru. Disamping itu, hasil angket dan wawancara bersama orang tua peserta didik dapat diketahui beberapa hal yang menjadi penyebab kesulitan membaca peserta didik yaitu orang tua tidak memberikan waktu luang untuk melatih anaknya membaca di rumah serta minat dan motivasi anak untuk belajar di rumah rendah karena merasa kesepian dan kesulitan untuk berlatih tanpa bimbingan dan dorongan dari orang tua. kemudian memberikan soal tes EGRA kepada peserta didik dapat diketahui kesulitan peserta didik yaitu mengidentifikasi huruf dan menyusun huruf, membalik huruf, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, salah mengucapkan kata, mengeja dengan terbata-bata, tidak memperhatikan tanda baca tidak memahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi. Gambaran faktor penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar yaitu faktor lingkungan (orang tua) dan faktor psikologis (motivasi dan minat).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...