Perkembangan teknologi membuka peluang baru dalam mendukung proses pembelajaran anak usia dini di lembaga pendidikan Islam seperti Raudhatul Athfal. Penelitian ini bertujuan merancang game edukasi menggunakan Construct 2 sebagai alat pengembangan, dengan fokus pada materi pendidikan Islam. Construct 2 dipilih karena antarmuka pengguna yang sederhana memungkinkan pendidik atau pengembang tanpa latar belakang teknis yang mendalam untuk merancang permainan dengan logika permainan yang kompleks. Game ini dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak usia dini dengan menyajikan materi pendidikan Islam, seperti pengenalan huruf Arab, angka, kisah-kisah Nabi, dan nilai-nilai moral, melalui pengalaman bermain yang interaktif dan menyenangkan. Metode pengajaran tradisional di Raudhatul Athfal akan dilengkapi dengan penggunaan game edukasi, memungkinkan anak-anak untuk belajar secara mandiri dan meningkatkan keterlibatan orang tua di rumah. Tujuan utama adalah menciptakan lingkungan pembelajaran holistik yang merangsang perkembangan kognitif, moral, karakter, dan spiritual anak-anak. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis untuk implementasi game edukasi dalam konteks lembaga pendidikan Islam, dengan Construct 2 sebagai alat pengembangan yang efektif dan mudah digunakan.
Copyrights © 2023