Jurnal Nasional Ilmu Komputer
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Nasional Ilmu Komputer

Game Edukasi Anak Raudathul Athfal Menggunakan Construct 2

Beni Aktavera (Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pat Petulai)
Harma Oktafia Lingga Wijaya (universitas Bina Insan)
Elmayati Elmayati (Universiyas Bina Insan)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Perkembangan teknologi membuka peluang baru dalam mendukung proses pembelajaran anak usia dini di lembaga pendidikan Islam seperti Raudhatul Athfal. Penelitian ini bertujuan merancang game edukasi menggunakan Construct 2 sebagai alat pengembangan, dengan fokus pada materi pendidikan Islam. Construct 2 dipilih karena antarmuka pengguna yang sederhana memungkinkan pendidik atau pengembang tanpa latar belakang teknis yang mendalam untuk merancang permainan dengan logika permainan yang kompleks. Game ini dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak usia dini dengan menyajikan materi pendidikan Islam, seperti pengenalan huruf Arab, angka, kisah-kisah Nabi, dan nilai-nilai moral, melalui pengalaman bermain yang interaktif dan menyenangkan. Metode pengajaran tradisional di Raudhatul Athfal akan dilengkapi dengan penggunaan game edukasi, memungkinkan anak-anak untuk belajar secara mandiri dan meningkatkan keterlibatan orang tua di rumah. Tujuan utama adalah menciptakan lingkungan pembelajaran holistik yang merangsang perkembangan kognitif, moral, karakter, dan spiritual anak-anak. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis untuk implementasi game edukasi dalam konteks lembaga pendidikan Islam, dengan Construct 2 sebagai alat pengembangan yang efektif dan mudah digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Nasional Ilmu Komputer (Jurnal-NIK) is a media for lecturers and students to publish research results dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of information systems and informatics. Areas of research include, but are not limited to the information systems, ...