Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan digital marketing dalam meningkatkan efektivitas pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rumah Jamu Argomulyo di Yogyakarta. Dalam era digitalisasi, UMKM dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang kini lebih cenderung menggunakan platform digital. Rumah Jamu Argomulyo menghadapi kendala dalam pemasaran tradisional dan upaya online sebelumnya yang terbatas pada lingkaran terdekat saja. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, penulis memberikan pelatihan penggunaan media sosial dan marketplace seperti Shopee serta pembuatan brosur di aplikasi Canva. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa sesi yang mencakup wawancara untuk mengidentifikasi kendala, pelatihan pembuatan brosur, dan pendampingan pemasaran online. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM dalam menggunakan alat digital untuk memasarkan produk mereka. Dengan demikian, penerapan digital marketing terbukti efektif dalam membantu UMKM memperluas pangsa pasar dan menarik minat konsumen yang lebih luas. Kata kunci: UMKM, Digital Marketing, Media Sosial
Copyrights © 2024