Pentingnya suatu atribut dalam kualitas sebuah produk sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kemasan merupakan salah satu atribut yang menjadi faktor penting sebagai daya tarik pembelian suatu produk. Pada penelitian ini dibahas terntang kepuasan pelanggan dalam meningkatkan kualitas desain kemasan. Selama ini, penggunaan kemasan dari minuman herbal serbuk menggunakan kemasan yang dipesan kepada supplier tanpa adanya riset internal tentang kemasan. D'Bu Jiran belum dapat melakukan ekspansi pasar secara meluas karena tidak memiliki bagian khusus untuk membahas desain kemasan yang diinginkan dan diharapkan oleh pelangg. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kepuasan pelanggan terhadap desain kemasan. Pendekatan model Kano dilakukan untuk mengkategorikan atribut keinginan pelanggan kedalam kategori Kano dan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan keinginan pelanggan menjadi pengembangan yang dapat dihasilkan oleh pihak UMKM D’Bu Jiran. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Melalui hasil penyebaran kuesioner didapatkan 8 variabel keinginan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan dikelompokkan berdasarkan 4 kategori Kano. Pengembangan desain kemasan ini fokus pada kategori One Dimensional dan Attractive. Hasil QFD diketahui bahwa variabel customer need “informatif” dan technical response “menambahkan informasi produk” menjadi prioritas pertama dalam pengembangan desain kemasan minuman herbal serbuk.
Copyrights © 2023