Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 6, No 3 (2022)

Preferensi Konsumen terhadap Minuman Kemasan Vitamin C di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu

Ervinna Febri Widyasari (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Rifiana Rifiana (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Yusuf Azis (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kombinasi sub atribut minuman kemasan vitamin C yang menjadi preferensi konsumen dan menganalisis atribut minuman kemasan vitamin C yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian oleh konsumen di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 72 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan melihat frekuensi jawaban paling banyak dipilih konsumen dan Analisis Multi atribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi sub atribut minuman kemasan vitamin C yang menjadi preferensi konsumen di Kecamatan Simpang Empat adalah rasa soda, harga Rp 5.700 – Rp 8.500, ukuran 140 ml, kemasan botol kaca, serta informasi dan promosi melalui tempat pembelian. Sedangkan atribut yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian minuman kemasan vitamin C adalah rasa dengan (Ao) sebesar 7,1823.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...