Journal of Business and Halal Industry
Vol. 1 No. 4 (2024): June

Analisis Faktor Keberhasilan Event Organizer Dalam Menyelenggarakan Acara(Studi Kasus Cv Soundtrack Indonesia)

Adam Muarif (Unknown)
Achmad Syarifudin (Unknown)
Muhammad Randicha Hamandia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Didalam dunia event management peran event organizer dan bekerja sama dengan banyak pihak sangat penting untuk berjalannya sebuah acara yang efektif dan sukses. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa proses pengelolaan acara yang digarap oleh event organizer mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi sehingga dapat mencapai keberhasilan suatu acara. Dan ilmu manajemenlah yang berperan sangat penting dalam berbagai acara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori event management GoldBlatt. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Proses pengelolaan penyelenggaraan event pada CV.Soundtrack Indonesia mencapai keberhasilan yaitu dengan terdiri dari lima langkah yaitu; Research, Design, Planning, Coordination, Evalution. Pada tahap Research CV. soundtrack Indonesia melakukan analisis SWOT, tahap Design melakukan brainstorming dengan metode mind maping, tahap Planing menerapkan unsur 5W+1H, tahap Coordination mengkoordinasi pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan event tersebut, Evalution 3 tahap dalam evaluasi event yaitu:1.Tahap Persiapan, 2. Tahap Pelaksanaan merupakan tahap evaluasi pada hari H, saat berlangsungnya acara 3. tahap akhir merupakan tahap evaluasi mengenai dampak atau hasil event. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan event-event yang diselenggarakan oleh CV Soundtrack Indonesia yaitu tim event yang mumpuni, rundown acara, materi acara yang kuat, ualitas layanan, tempat event yang tepat dan nyaman, promosi yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbhi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business and Halal Industry (3026-4324) publishes original research that examines the economic, social, and religious dimensions of business and halal industry. The journals scope includes a wide range of topics, such as: The theory and practice of halal business. The legal and regulatory ...