Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 3 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

Pengaruh Penggunaan Layanan Influencer, Konten Pemasaran Digital, Dan Perasaan Senang Dalam Berbelanja Terhadap Niat Membeli Di Media Sosial Tiktok Sebagai Moderasi Adaptasi Informasi

Samuel Hamonangan Aruan (Universitas Advent Indonesia)
Heddry Purba (Universitas Advent Indonesia)
Francis Hutabarat (Universitas Advent Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Beberapa tahun ini sedang ramai dibicarakan tentang aplikasi sosial media tiktok yang menjadi tempat promosi dari berbagai produk, hal ini membuat mulai banyak lahir para pelaku uasaha yang mencoba peruntungannya melalui aplikasi platform media sosial Tiktok, para pelaku ussaha menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan produk nya, mulai dari menggunakan jasa Influencer, membuat konten-konten marketing seperti foto,maupun video, hingga membuat para calon konsumen merasa enjoy dalam berbelanja, yang bertujuan agar terealisasi nya niat membeli dari calon konsumen.penelitian ini di lakukan kepada 141 responden mahasiswa di Universitas Advent Indonesia Bandung. Metode menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh layanan Influencer terhadap purchase intention hasil nya tidak signifikan berpengaruh, tetapi sebaliknya untuk hasil yang di peroleh dari Digital content marketing dan enjoybility didapati hasil nya berpengaruh signifikan terhadap Purchase intention. pada hasil selanjutnya menggunakan moderasi Information adaption pada variable influencer, digital content marketing, dan Enjoybility pengaruh terhadap purchase intention menyatakan hasil yang tidak signifikan terjadi. Hal ini perlunya ada sosialisasi pada pelaku usaha agar dapat menyesuaikan hal-hal apa yang dapat meningkatkan niat beli dari calon konsumen.

Copyrights © 2024