Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi sumber energi untuk meningkatkan literasi siswa kelas IV SDN 106162 Medan Estate, serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan modul pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D yang membagi proses pengembangan instruksional menjadi empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi sumber energi untuk meningkatkan literasi siswa di SD berhasil dikembangkan dengan hasil ahli materi 93% dikategorikan sangat layak, dan ahli media 91,17% yang termasuk kategori sangat valid sedangkan untuk hasil uji coba pemakaian memperoleh hasil 82% dikategorikan sangat praktis. Kemudian untuk melihat keefektifan dilakukan tes sehingga menghasilkan 86,95% yang dimana termasuk kriteria sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap meningkatkan literasi siswa kelas IV SDN 106162 Medan Estate memperoleh skor 86,95% dan termasuk dalam kategori sangat efektif.
Copyrights © 2023