Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 29, No 2 (2024)

PERBANDINGAN KUALITAS FITUR PEMBELIAN TIKET KONSER BLIBLI.COM DAN TIKET.COM MENGGUNAKAN METODE LOAD TESTING

Khonsa Mutmainnah (Universitas Ary Ginanjar)
Ahmad Nur Ihsan (Universitas Ary Ginanjar)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Mengikuti perkembangan zaman yang mulai memanfaatkan teknologi untuk menjadi sarana bisnis dan promosi, pembelian tiket konser online berbasis website juga sudah mulai digunakan promotor konser untuk teknis pembelian tiket. Pada pembelian tiket konser musisi berskala besar, penggemar rela menunggu tiket berjam-jam sebelum penjualan tiket resmi dibuka pada laman e-commerce. Ketika proses berlangsung, terjadi error pada website dikarenakan traffic pengguna yang terlalu tinggi. Perlu adanya pengujian kualitas kinerja pada e-commerce penjualan tiket konser, untuk dapat mengetahui website mana yang dapat menerima request pengguna dalam jumlah yang besar saat pembelian tiket konser. Metode yang digunakan dalam pengujian ini adalah load testing. Parameter yang diuji pada pengujian ini ada 4. Parameter tersebut adalah: average time, throughput, standar deviasi, dan persentase error. Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa blibli.com mendapatkan hasil yang cukup stabil dengan kecepatan, throughput, dan standar deviasi yang lebih baik dibandingkan dengan tiket.com. Namun pada parameter persentase error, blibli.com mendapatkan nilai tinggi mencapai 99% sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa kualitas blibli.com dinilai tidak baik. Sebanyak 99% sampel yang dikirimkan ke server blibli.com mengalami error. Sedangkan rata-rata persentase error tiket.com mencapai 86,4%. Kedua website dapat melakukan perbaikan server website menggunakan metode Load Balancing, agar kualitas yang diberikan kepada pengguna website lebih maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...