Mengikuti perkembangan zaman yang mulai memanfaatkan teknologi untuk menjadi sarana bisnis dan promosi, pembelian tiket konser online berbasis website juga sudah mulai digunakan promotor konser untuk teknis pembelian tiket. Pada pembelian tiket konser musisi berskala besar, penggemar rela menunggu tiket berjam-jam sebelum penjualan tiket resmi dibuka pada laman e-commerce. Ketika proses berlangsung, terjadi error pada website dikarenakan traffic pengguna yang terlalu tinggi. Perlu adanya pengujian kualitas kinerja pada e-commerce penjualan tiket konser, untuk dapat mengetahui website mana yang dapat menerima request pengguna dalam jumlah yang besar saat pembelian tiket konser. Metode yang digunakan dalam pengujian ini adalah load testing. Parameter yang diuji pada pengujian ini ada 4. Parameter tersebut adalah: average time, throughput, standar deviasi, dan persentase error. Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa blibli.com mendapatkan hasil yang cukup stabil dengan kecepatan, throughput, dan standar deviasi yang lebih baik dibandingkan dengan tiket.com. Namun pada parameter persentase error, blibli.com mendapatkan nilai tinggi mencapai 99% sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa kualitas blibli.com dinilai tidak baik. Sebanyak 99% sampel yang dikirimkan ke server blibli.com mengalami error. Sedangkan rata-rata persentase error tiket.com mencapai 86,4%. Kedua website dapat melakukan perbaikan server website menggunakan metode Load Balancing, agar kualitas yang diberikan kepada pengguna website lebih maksimal.
Copyrights © 2024