Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 29, No 2 (2024)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN UMKM MITRA SHOPEFOOD DI JAKARTA SELATAN

Yudha Destianto Dwi Prakoso (Universitas Gunadarma)
Asep Juarna (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

UMKM adalah pilar penting perekonomian di Indonesia. Pada tahun 2021 kegiatan bisnis di Indonesia melibatkan 64,2 juta UMKM yang memberikan kontribusi 61,07% terhadap PDB Indonesia, menyerap 97% tenaga kerja nasional, dan menghimpun 60,4% total investasi nasional. Pada sektor bisnis makanan dan minuman (food and beverage, F & B) UMKM bekerja sama dengan penyedia aplikasi pesan-antar produk. Dalam bisnis ini UMKM adalah unit FBP (F & B Product) sementara penyedia aplikasi sebagai unit FBS (F & B service) dan unit FBP menjadi mitra unit FBS. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan UMKM atas aplikasi ShopeeFood di Jakarta Selatan. Dihipotesakan dalam bisnis ini ada satu variabel terikat, yaitu kepuasan mitra, dan empat variable bebas, yaitu faktor aplikasi itu sendiri, faktor brand reliability dari unit FBS, faktor pelayanan unit FBS, dan volume penjualan atau laba unit FBP. Hipotesis ini diuji dengan metode SEM (structural equation modelling) yang diimplementasikan dalam lingkungan program aplikasi SmartPLS (partial least square); hasilnya dari keempat variabel bebas tiga di antaranya berpengaruh terhadap kepuasan mitra sedangkan satu variabel lagi, yaitu volume penjualan atau laba, tidak berpengaruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...