Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 1 No. 3 (2024): Januari

PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP BISNIS UMKM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI DI ERA DIGITAL

Icha Lyonita (Unknown)
Putri Dwi Maghfirah (Unknown)
Silfi Putri Mediana (Unknown)
Bunayya Saleha (Unknown)
Alexander Zebua (Unknown)
Diwayana Putri Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Penggunaan teknologi digital terus berkembang seiring dengan ketersediaan perangkat elektronik dan aksesibilitas yang semakin mudah.Penerapan teknologi informasi menjadi suatu kebutuhan yang tak terhindarkan dalam era globalisasi saat ini. Dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pengembangan model aplikasi bisnis berbasis web menjadi kunci utama untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan E-Commerce terhadap performa bisnis UMKM dalam meningkatkan daya saing ekonomi di era digital. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi E-Commerce memberikan dampak positif terutama dalam aspek keamanan dan kemudahan transaksi, serta memudahkan kegiatan promosi dengan komunikasi yang cepat kepada pelanggan. Namun, dampak negatifnya terkait dengan kemungkinan pembatalan pesanan yang dapat mengakibatkan kerugian pada biaya pengiriman dan kemasan.Wawancara menunjukkan bahwa penggunaan E-Commerce mampu meningkatkan omzet penjualan hingga 20%-30%.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...