Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat
Vol 15 No 4 (2023): JIKM Vol. 15, Edisi 4, November 2023

Hubungan Kepuasan Kerja dengan Loyalitas Perawat di Ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan

Maulidiyah, Vivin Nur (Unknown)
Sari, Ika Puspita (Unknown)
Yusmanisari, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Latar Belakang: Loyalitas karyawan terhadap pekerjaan mereka dipengaruhi oleh tingkat kepuasan mereka terhadap pekerjaannya. Loyalitas karyawan dapat dilihat dengan pekerjaan yang lebih produktif, kinerja lebih baik, dan memiliki kemampuan untuk berkontribusi atau membantu perusahaan maju dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara kepuasan kerja dan loyalitas perawat di ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga keperawatan di ruang IGD RSUD Bangil yang berjumlah 42 Perawat, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 38 Perawat. Purposive sampling adalah teknik yang digunakan dengan kriteria inklusi dan kriteria eklusi, dengan menggunakan instrumen lembar kuesioner dan adalah uji chi-square digunakan untuk analisis data.Hasil: Berdasarkan hasil uji chi-square, diperoleh nilai p-value 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepuasan kerja dengan loyalitas Perawat di ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.Kesimpulan: Ada hubungan yang positif antara kepuasan kerja dengan loyalitas Perawat di ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.Kata Kunci: Kepuasan kerja, Loyalitas Kerja, Perawat Background: Employee loyalty to their work is influenced by their level of satisfaction with their work. Employee loyalty can be seen in more productive work, better performance, and having the ability to contribute or help the company progress and develop. The purpose of this research is to identify the relationship between job satisfaction and nurse loyalty in the emergency room at Bangil Hospital, Pasuruan Regency.Methods: This type of research is quantitative analytical with a cross-sectional approached. The population of this study was all nurse staff in the emergency room at Bangil Hospital, which amounted to 42 nurses, while the research sample used was 38 nurses. Purposive sampling is a technique used with inclusion criteria and exclusion criteria, used a questionnaire instrument, and the chi-square test is used for data analysis.Result: The results of the chi-square test obtained a p-value 0,000 (p < 0,05) which indicates that there is a relationship between job satisfaction and nurse loyalty in the emergency room at Bangil Hospital, Pasuruan Regency.Conclusion: The conclusion of this study is that there is a positive relationship between job satisfaction and nurse loyalty in the emergency room at Bangil Hospital, Pasuruan Regency.Keywords: Job loyalty, Job satisfaction, Nurses

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta (JIKM UPNVJ) merupakan sarana eksplorasi, ekspresi dan publikasi karya ilmiah berupa hasil penelitian dan penelusuran ilmiah bidang kesehatan masyarakat. Bidang keilmuan kesehatan masyarakat tersebut mencangkup Kesehatan dan Keselamatan Kerja ...