Penelitian ini bemaksud untuk mengembangkan pembelajaran bola basket melalui metode observasi pada siswa kelas VII SMPN 4 Tuban. Penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VII B SMPN 4 Tuban, terdiri dari 20 siswa. Prosedur dalam mengumpulkan data melalui observasi melempar bola ke ring. Bersumber padahasil pemantauan dan penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keberhasilan belajar pada gerak spesifik melempar bola basket yang dilakukan dengan observasi pada siswa kelas VII B SMPN 4 Tuban ada kemajuan hasil belajar. Penerapan 3 siklus dapat menunjukkan peningkatkan kemampuan bermain bola basket. Melihat dari hasil penilaian pada siklus I hanya 30% dari 20 siswa tersebut yang mampu melakukan lemparan . Pada siklus II terdapat peningkatan 70% dari 20 siswa. Kemudian pada siklus III terdapat peningkatan mencapai 80% sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan pembelajaran gerak spesifik melempar pada permainan bola basket di kelas VII fase D di SMPN 4 Tuban.
Copyrights © 2024