Mekanisme katup adalah sistem yang berfungsi untuk pengaturan bukaan dan tutup katup pada motor pembakaran dalam, semakin baik mekanisme katup tersebut maka debit injector bahan bakar dapat dioptimalkan. Agar ditemukan berapa debit bahan bakar di injektor dan laju alirannya pada mekanisme katup variable valve timing – intelligent dengan non-variable valve timing – intelligent dapat dilakukan pemeriksaan dan hitungan tegangan injektor dan arus listrik injektor pada mesin tersebut. Dari hasil penelitian, mesin yang menggunakan teknologi variable valve timing – intelligent, debit maksimum di injektor 3,26 cm3 dan laju aliran maksimumnya 178,80 m/s,pada tegangan maksimum 5 V dan Arus diinjektor  2,08 A dan pada mesin yang menggunakan non-variable valve timing – intelligent debit maksimum diinjektor 3,86 cm3 pada laju alirannya maksimum di injektor  211,71 m/s, dan tegangan maksimum 5 V dan Arus diinjektor 4,67 A. Besar kecilnya tegangan, Arus listrik di injektor berpengaruh terhadap debit dan laju aliran di injector.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023