Journal of Tropical Architecture and Sustainable Urban Science
Vol. 2 No. 1 (2023): TRANSFORM

Unique Selling Proposition Berdasar Persepsi Masyarakat Sebagai Pendekatan Dalam Menggali Potensi Objek Wisata Negeri Kahyangan, Magelang

Ayesha Amiranti (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Dyah Titisari Widyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Pengembangan objek wisata Negeri Kahyangan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Magelang, dan meningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumen yang terkait dengan obyek penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa potensi daya tarik alam, budaya, dan buatan manusia yang memiliki nilai unique selling proposition di Negeri Kahyangan berdasarkan persepsi masyarakat. Untuk daya tarik wisata alam ditemukan adanya potensi pemandangan, lahan perkebunan, kuliner sebagai olahan budidaya alam, ruang jalan dengan pemandangan alam, embung dan umbul. Untuk potensi daya tarik budaya ditemukan adanya potensi kesenian tradisional, kerajinan masyarakat, aktivitas kebudayaan, rumah kesenian, dan area workshop. Untuk potensi daya tarik butan manusia ditemukan adanya potensi jembatan kaca, spot foto, jembatan kaca sebagai akses menuju embung dan umbul, serta amenitas berupa glamping. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi pengembangan objek wisata Negeri Kahyangan, Magelang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

transform

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

TRANSFORM: Journal of Tropical Architecture and Sustainable Urban Science is a peer-reviewed journal published by Universitas Mulawarman. Articles published in this journal enshroud such as architecture, urban design, and urban planning. The scope of study of TRANSFORM is focusing in: Architecture ...