Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2024): Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Analisis Struktural Fungsional Strategi Adaptasi Melalui Inovasi Pemasaran UMKM Es The Mase

Nayang Locita Afni (Universitas Sebelas Maret)
Sri Lestari Ningsih (Universitas Sebelas Maret)
Windi Putri Fila Safitri (Universitas Sebelas Maret)
Danang Purwanto (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor usaha yang dapat digunakan sebagai indikator untuk mengevaluasi stabilitas ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam penelitian ini, UMKM Es Teh Mase menjadi fokus utama. Dalam persaingan produk kuliner, khususnya minuman, diperlukan tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi agar dapat bersaing dengan produk lain dan menarik perhatian konsumen. Penerapan inovasi melalui brand awareness, variasi kemasan produk, serta program iklan di media sosial merupakan strategi yang relevan dalam mempertahankan kualitas rasa yang menjadi ciri khas dari Es Teh MaSe. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori struktural fungsional yang dikembangkan oleh Talcott Parson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh Es Teh Mase dalam hal brand awareness, kemasan praktis, serta pemanfaatan media sosial dalam strategi pemasaran memberikan dampak yang signifikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PS2PM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Bantenese adalah Publikasi ilmiah dibidang Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PS2PM) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) dengan nomor e-ISSN 26561840 yang mencakup : Pemberdayaan Masyarakat, ...