Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor usaha yang dapat digunakan sebagai indikator untuk mengevaluasi stabilitas ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam penelitian ini, UMKM Es Teh Mase menjadi fokus utama. Dalam persaingan produk kuliner, khususnya minuman, diperlukan tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi agar dapat bersaing dengan produk lain dan menarik perhatian konsumen. Penerapan inovasi melalui brand awareness, variasi kemasan produk, serta program iklan di media sosial merupakan strategi yang relevan dalam mempertahankan kualitas rasa yang menjadi ciri khas dari Es Teh MaSe. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori struktural fungsional yang dikembangkan oleh Talcott Parson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh Es Teh Mase dalam hal brand awareness, kemasan praktis, serta pemanfaatan media sosial dalam strategi pemasaran memberikan dampak yang signifikan
Copyrights © 2024