Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate

Perbedaan Keaktifan Berolahraga Pelajar Indonesia: Studi Evaluatif–Komparatif Lintas Jenjang Pendidikan

Abdilah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Terdapat fakta rendahnya tingkat kebugaran masyarakat Indonesia disebabkan karena kurangnya keaktifan dalam berolahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan dalam berolahraga lintas jenjang pendidikan di Indonesia. Teknik penelitian sekunder ini adalah internet mediated research (IMR). Populasi yang dikaji dalam penelitian ini adalah siswa SD, SMTP, SMTA, Sarjana, dan Magister se Indonesia tahun 2021 yang jumlahnya tak terhingga dan sampelnya sebanyak 5881 responden dan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner yang bersifat snow ball sampling. Data dianalisis menggunakan tiga teknik analisis data : Uji rerata tunggal (kinerja) nilai uji (standar/kriteria/test value), Analisis Varians (Anova) dan Analisis korelasi bivariate. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Semua pelajar dari semua jenjang pendidikan tergolong aktif berolahraga. 2) Ada perbedaan keaktifan berolahraga antara jenjang pendidikan peserta didik. Ini bisa lebih ditafsirkan berdasarkan hasil analisis korelasi, yang ternyata negative. 3) Makin tinggi jenjang pendidikan yang diikuti oleh peserta didik, semakin rendah keaktifan berolahraga mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...