Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate

Strategi Bimbingan Belajar new Primagama Karawang Pasca Pandemi Covid-19

Sabrina, Putri Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Strategi adalah hal yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia selama dua tahun kebelakang mengalami hambatan karena adanya Pandemi Covid-19. Kementrian Pendidikan Indonesia mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Namun pada saat ini, kasus pandemi covid-19 mengalami penurunan serta pelonggaran sehingga beberapa sekolah sudah ada yang melakukan pembelajaran tatap muka. Hal ini akan mempengaruhi proses pembelajaran pendidikan formal maupun non formal. Para pendidik harus mengkaji ulang terkait strategi pembelajaran yang akan diterapkan pasca pandemi Covid-19. Dalam hal ini layanan bimbingan belajar menjadi bagian terpenting bagi peserta didik, mengingat pada saat ini peserta didik dituntut untuk bisa berkompetensi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil bahwa layanan bimbingan belajar New Primagama Karawang menerapkan strategi yang berpusat pada pendidik dan strategi interaktif yang memungkinkan diskusi antara peserta didik dan pendidik. Menggunakan metode hybrid-learning, serta memiliki teknik unggulan yakni two-teachers models, dimana para peserta didik diberikan dua jenis pendidik yaitu secara online/daring dan juga dibimbing langsung ditempat. Kedua pendidik tersebut memiliki tujuan pembelajaran yang sama

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...