Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate

Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematika Materi Penyajian Data Kelas VII MTS Ushuluddin Singkawang

Resa, Umi (Unknown)
Wahyuni, Rika (Unknown)
Husna, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Di kehidupan sehari-hari manusia akan melibatkan kemampuan dalam membaca, menafsirkan, memahami, membuat keputusan, menemukan ataupun menulis. Kemampuan seperti itu biasa dikenal dengan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki disposisi matematika dengan kategori tinggi, sedang, rendah pada materi penyajian data dan mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari disposisi pada materi penyajian data di Kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Cara pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah dengan cara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian kemampuan literasi matematis siswa, angket disposisi matematika dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa disposisi matematika dengan kategori tinggi 4 siswa, sedang 22 siswa, dan rendah 4 siswa. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa yaitu faktor internal dan eksternal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...