Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate

Peran Guru dalam Membangun Kemandirian Anak Melalui Model Pembelajaran Moving Class pada Usia Taman Kanak-Kanak

Daffa Rabbani, Tarish (Unknown)
Poek Xin Pei, Aurellya Sinanta (Unknown)
Dariyo, Agoes (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Tingkat kemandirian anak pada usia taman kanak-kanak merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Hal ini juga akan melibatkan peran guru selama di sekolah untuk membantu anak-anak dalam mengembangkan kemandirian mereka. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran seorang guru untuk membantu membangun dan meningkatkan tingkat kemandirian anak di sekolah. Teknik pengambilan data dengan metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam pembentukan perilaku kemandirian anak melalui sistem pembelajaran moving class dengan melakukan pembiasaan dan mencontohkan sikap teladan kepada peserta didik. Melalui berbagai pendekatan yang sesuai dengan anak, guru dapat membimbing anak-anak selama di sekolah dalam mengembangkan keterampilan sosial, emosional, serta kognitif yang diperlukan untuk menjadi individu yang mandiri. Maka dari itu, peran seorang guru terhadap kemandirian anak memiliki dampak yang besar dan berpengaruh dengan masa depan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...