Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berdasarkan pada penenlitian meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VC pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi norma dalam kehidupanku dengan menggunakan media pembelajaran papan norma di SD Negeri Srondol Kulon 02. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap norma-norma pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VC SD Negeri Srondol Kulon 02 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik ini menujukan bahwa penerapan media pemebelajaran Papan Norma dapat meningkatkan hasil belajara peserta didik. Hal ini terlihat dari indikator presentase peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran mengunakan media pembelajaran Papan Norma. Presentase hasil belajara peserta didik pada siklus 1 yang mencapai KKTP sebanyak 11 peserta didik atau 39%. Pada siklus II presentase hasil belajara peserta didik meningkat menjadi 23 peserta didik atau 82%. Berdasrkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang segnifikan hasil belajara peserta didim melalui media Papapn Norma pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VC SD Negeri Srondol Kulon 02 tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2023