Joong-Ki
Vol. 3 No. 3: Mei 2024

Harmoni Bahasa: Strategi Bernyanyi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak di Sekolah TK Ban Huaisiad Krabi, Thailand

Siti Difa Dilfayanti Azzahra (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Chodchoi Nuankun (Direktur Ban Huaisiad School)
Khusniyati Masykuroh (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini, khususnya dalam hal pengucapan kosakata dan kalimat sederhana melalui kegiatan bernyanyi. Metode yang digunakan meliputi persiapan materi lagu berbahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak usia 5-6 tahun, pelaksanaan kegiatan bernyanyi 2 kali per minggu selama 1 bulan dengan pendekatan komunikatif, serta evaluasi melalui tes lisan pasca intervensi tentang kemampuan melafalkan lirik lagu. Partisipan adalah 25 anak TK kelompok B usia 5-6 tahun dengan latar belakang bahasa Thailand. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan siswa dalam melafalkan lirik lagu dan mengingat kosakata dasar bahasa Inggris setelah mengikuti program bernyanyi. Faktor yang mendukung adalah persiapan matang, dukungan dari pihak sekolah mitra, keterlibatan aktif siswa, serta pemberian apresiasi. Disimpulkan bahwa kegiatan bernyanyi dapat menjadi metode efektif untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini. Program ini direkomendasikan untuk dilanjutkan guna memperkuat hubungan kelembagaan PAUD Indonesia dan Thailand.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...