Joong-Ki
Vol. 3 No. 3: Mei 2024

Sosialisasi Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Anak Melalui Pendekatan Learning By Doing Bagi Wali Murid SD Muhammadiyah 01 Purbalingga

Rofik Priyanto (Politeknik Madyathika)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Problematika yang dihadapi wali murid sebagian besar kurang memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan kepada wali murid mengenai penerapan strategi peningkatan motivasi belajar anak melalui pendekatan learning by doing di SD Muhammadiyah 01 Purbalingga Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri atas planning, action, dan evaluation yang menjadi alternatif penyelesaian masalah di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh wali murid / wali murid siswa dan siswa yang berjumlah 70 orang. Hasil kegiatan antara lain: (1) hasil evaluasi kegiatan sudah relevan, sesuai, dan tersistem serta sudah sesuai dengan kebutuhan peserta dalam memahami materi kegiatan dengan prosentase 81,6% atau sangat baik; (2) hasil pemahaman tindak lanjut wali murid menunjukkan tingkat pemahaman wali murid dalam memahami strategi learning by doing dalam memotivasi belajar anak meningkat, sehinngga wali murid mampu menyelesaikan permasalahan motivas belajar anak secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan. Saran dari kegiatan ini yaitu sekolah perlu melibatkan orang wali murid dalam mendukung keefektifan belajar sehingga sekolah dan wali murid memiliki peran penting untuk meningkatkan motivasi belajar bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...