Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tipologi model bisnis keluarga dengan gaya inovasi dan kreativitas masing-masing. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data-data dalam artikel ini bersumber dari pebisnis keluarga kaya, pebisnis keluarga menengah, dan pebisnis keluarga miskin/kurang mampu. Seluruh data dalam artikel ini dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data. Artikel ini menemukan tipologi inovasi dan kreativitas dari bisnis yang dilakukan oleh masing-masing keluarga. Tipologi pertama, bahwa bisnis keluarga kaya memiliki keunggulan dalam hal sumber daya finansial untuk berinovasi. tipologi kedua, bisnis keluarga menengah cukup sumber daya finansial, sementara tipologi ketiga, bisnis keluarga miskin/kurang mampu seringkali terbatas oleh keterbatasan sumber daya. Namun hasil penelitian juga menyoroti potensi bisnis keluarga miskin untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas mereka dengan bantuan pelatihan, akses keuangan, dan kerjasama dengan pihak lain. Inovasi dan kreativitas merupakan elemen kunci dalam membentuk masa depan bisnis keluarga. Untuk membangun model bisnis keluarga yang unggul, pemerintah dan pemangku kepentingan terkait perlu mengambil langkah-langkah yang konkret dan berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga dalam merancang strategi kebijakan yang efektif untuk meningkatkan bisnis keluarga dan mendorong inovasi di tingkat lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023