Penelitian ini menganalisis tentang minat masyarakat muslim terhadap perbankan Islam di Surabaya. Metode kualitatif triangulasi dilakukan secara purposive sampling melalui wawancara mendalam secara langsung kepada masyarakat di Surabaya, Indonesia. Jumlah responden sebanyak 8 orang yaitu, 2 pegawai dari bank syariah, 3 orang pengguna bank syariah, 3 orang pengguna bank konvensional. Hasil penelitian didapatkan beberapa alasan nasabah seperti, pertama alasan masyarakat muslim dalam menggunakan layanan dari bank syariah dari sudut pandang pegawai, produk bank syariah halal, tidak riba dan memiliki banyak promo. Selain itu pegawai bank syariah juga meenjelaskan tidak banyak kantor atau ATM yang tersedia, karena bank syariah melindungi dari transaksi-transaksi yang tidak halal. Kedua, alasan masyarakat muslim dalam menggunakan layanan dari bank syariah dari sudut pandang nasabah bank syariah, karena menjauhi riba. Selain itu bank syariah bebas biaya administrasi, menurut kedua responden tersebut dengan tidak adanya biaya administrasi disebut sangat menguntungkan nasabah karena tidak ada pengurangan saldo di ATM nasabah. Ketiga, alasan masyarakat muslim tidak menggunakan layanan bank syariah dari sudut pandang nasabah bank konvensional, masih banyaknya kantor dan mesin ATM bank konvensional. Keempat, alasan masyarakat muslim menggunakan bank syariah menurut teori faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (Zeithaml dan Bitner) dianalisis dengan menggunakan empat indikator yaitu, product, process, price, promotion menunjukkan hasil positif terutama untuk faktor produk. Faktor produk menjadi faktor dominan yang memperngaruhi keputusan masyarakat muslim menggunakan layanan bank syariah karena nasabah dapat banyak manfaat dari penggunaan bank syariah.
Copyrights © 2023