Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 1 (2024): Edisi Januari - April 2024

STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING PADA PT. X DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSTAC

Chrismasya Rosiana Tamara Simanjuntak (Unknown)
Nazaruddin Nazaruddin (Unknown)
Rulianda Purnomo Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan digital marketing pada PT X dengan menggunakan Metode SOSTAC. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah direktur, marketing manager terdiri masing –masing satu orang teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi (kepustakaan). Metode analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing) metode SOSTAC meliputi situation, objective, strategy, tactic, action, controlling yang merupakan sebuah sistem sebagai dasar untuk melaksanakan langkah-langkah dan menciptakan rencana serta digunakan sebagai metode dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan perusahaan serta memanfaatkan peluang dan mengurangi ancaman yang ada. Meningkatkan promosi melalui melalui marketplace dan whatsapp, PT X juga melakukan strategi yaitu berdasarkan STP (Segmentation, Targeting dan Positioning). Taktik yang dijalankan dalam strategi digital marketing adalah 4C marketing mix yang terdiri dari consumer value, cost to customer, convenience, communication. Actions (implementasi strategi) sampai saat ini PT X masih belum menggunakan biaya promosi untuk media sosial dan marketplace, strategi digital marketing masih belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan, komunikasi masih satu arah, produk yang diposting masih belum banyak memberikan respon dari para konsumen maupun calon konsumen, untuk SDM media social kami masih memiliki keterbatasan baik mengenai ide-ide konten di media sosial maupun dalam membuat deskripsi di produk tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...