Terminal Teluk Lamong merupakan Terminal Semi Otomatis Pertama di Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan. Terminal Teluk Lamong dibangun sebagai implementasi Pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak yang dilengkapi dengan peralatan bongkar muat menggunakan teknologi modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan pengaruh penerapan Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa melalui citra Badan Usaha Pelabuhan di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik. Strategi penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sampel penelitian sebanyak 155 pengguna jasa di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik. Alat analisis yang digunakan SPSS untuk uji instrumen dan SEMPLS dengan SmartPLS untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan Greenport terhadap citra Badan Usaha Pelabuhan, Terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa, Terdapat pengaruh positif yang signifikan citra Badan Usaha terhadap kepuasan pengguna jasa, Citra Badan Usaha Pelabuhan mampu memediasi penerapan Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik. Disimpulkan baik secara langsung maupun tidak langsung terdapat pengaruh penerapan Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa melalui citra Badan Usaha Pelabuhan di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik
Copyrights © 2024